Selasa, 03 Desember 2013

Seni Lukisan Dari Photo Anda

Pasar untuk seni kontemporer Cina telah berkembang dengan kecepatan demam , menjadi segmen yang tumbuh paling cepat satu pasar seni internasional . Sejak tahun 2004 , harga karya-karya seniman kontemporer China telah meningkat sebesar 2.000 persen atau lebih , dengan lukisan yang pernah dijual di bawah $ 50.000 sekarang membawa jumlah di atas $ 1 juta. Nowhere telah booming ini dirasakan lebih lumayan daripada di Cina , di mana ia telah melahirkan kabupaten besar galeri , 1.600 rumah lelang , dan generasi pertama dari kolektor seni - kontemporer Cina.

Menggila ini untuk seni kontemporer China juga telah menimbulkan gelombang kritik . Ada tuduhan bahwa kolektor China menggunakan rumah lelang daratan untuk meningkatkan harga dan terlibat dalam spekulasi luas , sama seperti jika mereka diperdagangkan di saham atau real estate . Kolektor Barat juga dituduh spekulasi , oleh seniman yang mengatakan bahwa mereka membeli karya murah dan kemudian menjual mereka untuk sepuluh kali harga asli - dan kadang-kadang lebih .

Mereka yang memasuki pasar ini dalam tiga tahun terakhir menemukan seni kontemporer Cina untuk menjadi taruhan pasti karena harga dua kali lipat dengan setiap penjualan . New York penjualan pertama Sotheby seni kontemporer Asia , didominasi oleh seniman China , membawa total $ 13 juta di bulan Maret 2006; penjualan yang sama Maret lalu mengumpulkan $ 23 juta, dan Sotheby Hong Kong penjualan seni kontemporer Cina pada bulan April mencapai hampir $ 34.000.000 . Christie Hong Kong telah memiliki penjualan seni kontemporer Asia sejak tahun 2004 . Penjualan total $ 11.000.000 2005 dikerdilkan oleh total $ 40.700.000 dari penjualan malam tunggal pada Mei tahun ini .

Angka-angka ini , mengesankan seperti mereka, tidak mulai menyampaikan sukses luar biasa di lelang dari beberapa seniman China : Zhang Xiaogang , Yue Minjun , Cai Guo Qiang - , Liu Xiaodong , dan Liu Ye . Pemimpin tahun ini adalah Zeng Fanzhi , yang Masker Series No 6 ( 1996) terjual seharga $ 9.600.000 , sebuah rekor untuk seni kontemporer Cina , di Christie Hong Kong pada bulan Mei.

Zhang Xiaogang , yang melukis besar , wajah murung mengingatkan foto-foto keluarga yang diambil selama Revolusi Kebudayaan , telah melihat peningkatan rekornya dari $ 76.000 pada tahun 2003 , ketika lukisan minyak yang pertama muncul di Christie Hong Kong , menjadi $ 2,3 juta pada November 2006, untuk $ 6.100.000 pada bulan April tahun ini .

Gambar mesiu oleh Cai Guo Qiang - , yang baru-baru ini diberikan retrospektif di Guggenheim Museum di New York , dijual di bawah $ 500.000 pada tahun 2006 , sebuah suite 14 karya membawa $ 9.500.000 November lalu .

Menurut Indeks Harga Art , seniman China mengambil 35 dari 100 harga untuk hidup seniman kontemporer di lelang tahun lalu , Jeff Koons menyaingi , Damien Hirst , dan sejumlah seniman Barat.

" Semua orang melihat ke Timur dan ke China , dan pasar seni tidak berbeda , " kata Kevin Ching , CEO dari Sotheby Asia. " Meskipun krisis subprime di AS atau fakta bahwa beberapa pasar keuangan lainnya tampak gelisah , komunitas bisnis secara keseluruhan masih memiliki iman yang besar di Cina , didukung oleh Olimpiade dan World Expo di Shanghai pada tahun 2010 . "

Ada indikasi , bagaimanapun, bahwa pasar internasional untuk seni Cina mulai lambat . Pada Asian penjualan seni kontemporer - Sotheby pada bulan Maret , 20 persen dari banyak ditawarkan tidak menemukan pembeli , dan bahkan bekerja dengan top rekor setter seperti Zhang Xiaogang nyaris membuat perkiraan mereka rendah . "Pasar semakin matang , jadi kami tidak bisa menjual semuanya lagi , " kata Zhang Xiaoming , Cina spesialis seni kontemporer di Sotheby New York . " Para kolektor telah menjadi benar-benar cerdas dan hanya berkonsentrasi pada seniman tertentu , jangka waktu tertentu , materi tertentu . "

Untuk bagian mereka , galeri Barat bersemangat mengejar seniman China , banyak di antaranya yang tidak diketahui hanya beberapa tahun yang lalu . Zeng Fanzhi , misalnya , telah ditandatangani oleh Galeri Acquavella di New York , dalam kontrak dua tahun yang melebihi $ 20 juta, menurut sebuah gallerist Beijing dekat dengan negosiasi , William Acquavella menolak berkomentar . Zhang Xiaogang dan Zhang Huan telah bergabung PaceWildenstein , dan Ai Weiwei dan Liu Xiaodong menunjukkan dengan Mary Boone musim semi lalu . Hampir setiap utama galeri New York baru-baru ini ditandatangani pada seorang seniman Cina: Yan Pei Ming di David Zwirner , Xu Zhen di James Cohan , Huang Yong Ping di Gladstone , Yang Fudong di Marian Goodman , Liu Ye di Sperone Westwater . Karya-karya mereka memasuki koleksi pribadi dan publik yang sampai sekarang belum menunjukkan minat khusus dalam seni rupa kontemporer Asia .

" Pasar telah tidak berperilaku seperti yang saya perkirakan , " kata New York agen Max Protetch , yang telah mewakili seniman dari Cina sejak tahun 1996 . " Kita semua diantisipasi bahwa seniman China akan melalui proses kritis yang sama yang terjadi dengan seni di tempat lain di dunia . Saya berasumsi bahwa beberapa seniman akan jatuh di pinggir jalan , yang belum benar . Mereka semua telah menjadi tinggi. Tampaknya seperti pasar tidak kritis . "

Salah satu seniman kunci didukung oleh keberhasilan ini adalah Zeng Fanzhi , yang terkenal karena " Mask" seri . Lima tahun yang lalu karya-karyanya dijual seharga di bawah $ 50.000. Hari ini ia perintah harga pasar primer lebih dekat ke $ 1 juta, dengan kolektor utama Charles Saatchi dan Jose Mugrabi di antara para penggemarnya . Sekarang mempersiapkan untuk pertunjukan solo pertamanya di Acquavella pada bulan Desember , ia dianggap sebagai salah satu seniman yang lebih serius di kancah Beijing karena ia bekerja sendirian , tanpa gerombolan asisten ditemukan di studio kebanyakan artis lain ' di Cina . Namun, gaya hidupnya yang khas itu dari rekan-rekan sama-sama sukses . Ketika ditanya apakah ia memiliki Hummer hitam raksasa yang diparkir di luar studio , ia menjawab , " Tidak, itu mobil jelek . Aku punya G5 Benz . "

Keberhasilan ini telah berkembang di bawah pengawasan ketat dari pemerintah Cina . Film, televisi , dan organisasi berita secara ketat disensor , tapi secara keseluruhan , seni rupa tidak . Meskipun insiden sporadis pameran ditutup atau petugas bea cukai menangkap karya seni , pada umumnya pemerintah telah mendukung pertumbuhan pasar seni dan tidak mengganggu aktivitas pribadi . Di 798 kabupaten galeri di Beijing , sebuah Bauhaus gaya mantan amunisi kompleks yang telah berubah menjadi pusat seni terpanas di ibukota , dengan lebih dari 150 galeri , orang menemukan karya mengatasi kemiskinan dan masalah sosial lainnya , korupsi pejabat , dan adat istiadat seksual yang baru . Ikon mantan pekerja China - senang dan petani dan prajurit heroik meningkatkan merah spanduk - diperlakukan dengan ironi , jika sama sekali , oleh para seniman yang karya-karyanya pada tampilan di galeri ini, yang merupakan tempat pribadi umumnya tidak berada di bawah kontrol yang ketat Departemen Kebudayaan .

Pada malam Olimpiade , bagaimanapun , pemerintah meminta satu galeri untuk menunda pameran sampai setelah pertandingan . Dianggap tidak cocok adalah " Touch, " pertunjukan oleh Ma Baozhong di Xin Beijing Gallery dari 15 lukisan yang menggambarkan momen-momen penting dalam sejarah China , termasuk yang didasarkan pada sebuah foto yang menunjukkan Mao Zedong dengan Dalai Lama dan Panchen Lama pada tahun 1954 .

The Beijing kota menghabiskan dana yang sangat besar untuk merenovasi 798 kabupaten sebelum Olimpiade , meletakkan di jalan-jalan batu baru dan lapisan jalan utama dengan kafe . Shanghai , yang memiliki manfaat lebih dari dukungan pemerintah , sekarang memiliki setidaknya 100 galeri . Pemerintah daerah di seluruh negeri akan mendirikan kabupaten galeri SoHo gaya untuk meningkatkan pariwisata .

Satu orang yang tampaknya percaya diri tentang masa depan pasar Cina Arne Glimcher , pendiri dan presiden PaceWildenstein , yang membuka cabang dari galeri di Beijing pada bulan Agustus . Terletak di ruang semen 22.000 kaki persegi dengan melonjak langit-langit , didesain ulang dengan biaya sebesar $ 20 juta oleh arsitek Richard Gluckman , galeri di pusat dari 798 kabupaten . " Kami berkomitmen untuk seni , dan kami ingin membuka galeri di mana seniman kita , " kata Glimcher . Menambahkan bahwa ia biasanya eschews " McGallery " tren menyiapkan ruang satelit di seluruh dunia , Glimcher menegaskan bahwa itu perlu untuk mendirikan cabang di Beijing karena "tidak ada galeri lokal sekaliber kami " dengan yang Pace bisa bermitra . Dia , bagaimanapun , direkrut Leng Lin , pendiri Beijing Commune , galeri lain yang beroperasi di 798 , menjadi sutradara .

Agen lain Barat yang telah mengambil terjun China adalah Arthur Solway , yang baru saja membuka cabang James Cohan di Shanghai . " Saya mulai datang ke China lima tahun yang lalu , dan saya terpesona oleh energi , " kata Solway , yang ingin memperkenalkan galeri artis seperti Bill Viola , Wim Wenders , dan Roxy Paine ke Asia, tetapi , seperti Glimcher , tidak bisa menemukan publik museum atau galeri pribadi yang dianggapnya profesional yang memenuhi syarat untuk menangani pameran tersebut . James Cohan Gallery Shanghai terletak di lantai dasar dari struktur Art Deco 1936 di Perancis konsesi , bagian sangat indah kota. Bangunan ini pernah diduduki oleh militer , dan karakter Cina merah di atas pintu depan masih menasihati, " Biarkan semangat Mao Zedong berkembang selama 10.000 tahun . "

" Dari 1966-1976 , selama Revolusi Kebudayaan , orang punya apa-apa , tapi sekarang ada spa di Shanghai dan orang-orang minum cappuccino dan membeli jam tangan Rolex - itu adalah fenomena yang luar biasa , " kata Solway , yang percaya itu hanya masalah waktu sebelum sama konsumen ini kaya baru mulai mengumpulkan seni kontemporer .

Kolektor - atau Cina dengan harapan bahwa akan ada Cina kolektor - adalah kunci menarik memikat galeri ini ke Beijing . Seperti baru-baru dua tahun yang lalu , beberapa bisa nama bahkan seorang kolektor tunggal Cina seni kontemporer . Itu adalah disangkal bahwa orang Cina lebih suka menghabiskan uang mereka memperoleh barang antik dan karya-karya klasik . Sejak itu beberapa kolektor daratan terkenal telah muncul di tempat kejadian .

Paling terlihat adalah Guan Yi , yang ramah tamah , berpakaian rapi pewaris kekayaan kimia - engineering , yang telah mengumpulkan koleksi museum - kualitas lebih dari 500 karya . Seorang pemberi pinjaman utama untuk retrospektif Huang Yong Ping diselenggarakan oleh Walker Art Center di Minneapolis pada tahun 2005 , ia secara teratur menghibur museum wali dari seluruh dunia , yang membuat ziarah ke gudang nya di pinggiran Beijing . Sekarang dia sedang membangun museum sendiri .

Sosok lain dicatat adalah Zhang Lan , kepala rantai South Beauty Szechuan gaya restoran di seluruh China , dia juga telah mengumpulkan koleksi iri dan menampilkan potongan-potongan dari dalam perusahaan yang chic nya . Film Aktris Zhang Ziyi merupakan perwakilan dari kelas baru kolektor dari industri hiburan , sementara Pan Shiyi dan Zhang Xin , ketua dan CEO raksasa SOHO China kerajaan real estate , telah menugaskan proyek properti perumahan kelas atas mereka.

Dua kolektor yang pemandu sorak untuk seni Beijing adalah Yang Bin , seorang mogul mobil - franchise , dan Zhang Rui , seorang eksekutif telekomunikasi yang juga pendukung dari Beijing Art Gallery Sekarang , yang mengambil bagian dalam Art Basel pada bulan Juni , salah satu galeri Beijing pertama yang muncul di pameran tersebut. Kedua melakukan lebih dari seni mengumpulkan . Mereka telah menjadi tuan rumah makan malam untuk kolektor potensial , diselenggarakan wisata ke Art Basel Miami Beach, dan membawa teman-teman dengan mereka untuk penjualan di London dan New York . Zhang Rui , yang memiliki lebih dari 500 karya , telah dipinjamkan seni untuk pameran internasional , terutama instalasi Besok , yang memiliki empat " Beatles mati" boneka mengambang tertelungkup , diciptakan oleh seniman Sun Yuan dan Peng Yu untuk 2006 Liverpool Biennial , yang ditolak itu .

Zhang sekarang membangun hotel seni , menampilkan karya-karya khusus ditugaskan dan kamar artis - dirancang , di luar Stadion Pekerja di pusat kota Beijing . " Saya mencoba untuk memikirkan cara-cara untuk mengubah koleksi pribadi saya menjadi koleksi publik , " Zhang menjelaskan kepada ARTnews melalui seorang penerjemah . Hal ini tidak menguntungkan secara finansial untuk melakukan hal ini di China , karena tidak ada manfaat pajak diperoleh dari sumbangan ke museum atau lembaga nirlaba lainnya .

Zhang Rui mewakili segelintir kolektor Cina yang bersifat publik tentang kegiatan mereka dan membangun koleksi penting . Jauh lebih khas aktivitas membeli di Cina adalah spekulasi merajalela terjadi di rumah lelang daratan . Ada 1.600 lelang terdaftar , dan penjualan mereka menarik ratusan penawar . Pembeli Cina lebih nyaman dengan rumah lelang , yang telah di bisnis sejak tahun 1994 , dibandingkan dengan galeri , yang tidak berlisensi untuk beroperasi oleh pemerintah sampai akhir 1990-an .

Rumah lelang ini dijalankan oleh aturan mereka sendiri , menghasilkan apa yang kadang-kadang tampaknya seperti " liar , liar Timur " suasana . Hal ini , misalnya , cukup umum untuk rumah untuk mendapatkan kiriman langsung dari seniman , yang kemudian gunakan untuk menetapkan harga penjualan untuk karya-karya mereka di pasar primer . Lebih sering , sekarang bahwa Cina memiliki ratusan galeri , dealer datang ke penjualan dengan pembeli di belakangnya , penawaran umum atas karya untuk membangun " rekor harga " dan mengiklankan artis mereka . Semacam ini cincin penawaran akan dianggap ilegal di Amerika Serikat , tetapi di Cina itu dipandang sebagai praktik bisnis yang cerdas . Ada sedikit peraturan rumah lelang dan beberapa norma hukum yang dikembangkan di lapangan , sehingga bahkan ketika pembeli memiliki keluhan - dengan palsu dan pemalsuan , misalnya - mereka tidak merasa bahwa mereka dapat resor untuk hukum . Penawaran adalah sosial serta kegiatan usaha , dan pembeli senang untuk memamerkan status mereka dengan membayar harga rekor atau cepat membalik karya seni , bukan hanya untuk keuntungan tapi begitu mereka bisa membanggakan keuntungan jangka pendek mereka.

Sebagai pasar domestik untuk seni kontemporer dewasa, namun banyak dari praktik-praktik ini datang ke pertanyaan . " Dua tahun yang lalu itu lebih penting bagi saya untuk membawa seniman saya untuk lelang , " kata Fang Fang , pemilik Gallery Bintang di Beijing , yang mengkhususkan diri dalam muncul seniman muda seperti Chen Ke dan Gao Yu . " Sekarang pasar galeri telah meningkat , saya merasa lebih baik untuk menjaga seniman saya keluar dari kamar lelang , dan ada lebih sedikit alasan untuk menjual di sana. "

Dua perusahaan daratan , Beijing Poly International Perusahaan Lelang , dan China Wali Lelang Perusahaan , mendominasi bidang seni Cina kontemporer . Total gabungan 2007 mereka lebih dari $ 200 juta dalam penjualan mewakili hampir dua - pertiga dari semua penjualan lelang dalam kategori ini di daratan China untuk tahun ini . Musim semi lalu Wali mencapai $ 142.000.000 dalam penjualan karya seni klasik , furniture , keramik , perak , dan koin , dan $ 40 juta dalam penjualan bahan kontemporer . Angka terakhir termasuk $ 8.200.000 diambil oleh Liu Xiaodong sarang No 1 , sebuah rekor untuk sebuah lukisan yang dijual di daratan . Dalam kisaran yang sama dari penjualan musim semi lalu , Poly dijual senilai 130 juta dollar karya , termasuk $ 27 juta malam penjualan seni kontemporer - tunggal . ( Angka-angka ini mewakili sedikit penurunan untuk tahun ini karena kedua rumah diadakan penjualan manfaat bagi Szechuan korban gempa , meningkatkan lebih dari $ 20 juta untuk mendukung upaya bantuan . )

Poly dan wali mencerminkan dua perspektif yang sangat berbeda di pasar domestik dalam seni kontemporer Cina. Guardian adalah rumah lelang tertua dan paling dihormati di Cina , didirikan pada tahun 1993 oleh Wang Yannan , putri Zhao Ziyang , mantan pemimpin Partai Komunis yang ditempatkan di bawah tahanan rumah setelah menentang penggunaan pemerintah kekuatan terhadap demonstran di Lapangan Tiananmen pada tahun 1989 . Jika Poly dikenal dengan sumber daya yang luas dan kesediaan untuk membuat penawaran untuk menangkap pengiriman , Wali dikenal untuk spesialis yang dihormati dan hubungan klien jangka panjang . Sebagai contoh, ketika Museum of Fine Arts , Boston , memutuskan untuk menjual 20 buah dari dinasti Qing porselen di Cina daratan , itu konsinyasi koleksi untuk Guardian.

Suasana penjualan di Poli atau Wali adalah mengherankan mirip dengan yang di salerooms dari Christie atau Sotheby . Katalog identik dalam desain , dan tender berlangsung secara tertib , bahkan tenang , fashion , meskipun kerumunan penonton di dalam ruangan .

" Dari awal kami, kami mempelajari apa prinsip-prinsip sebuah rumah lelang harus , dan kita tetap berpegang pada prinsip-prinsip ini , " kata Wali presiden Wang . Dia juga menjabat di dewan asosiasi lelang nasional baru ' , yang berharap untuk menegakkan peraturan di pasar lelang .

Poli adalah suatu perusahaan dalam China Poly Group Corporation , konglomerat $ 30000000000 yang merupakan cabang diprivatisasi Tentara Pembebasan Rakyat . Didirikan pada awalnya untuk memulangkan karya-karya seni dan barang antik , Poli telah menghabiskan $ 100 juta untuk membeli benda-benda seperti perunggu kepala hewan dari air - jam air mancur yang dijarah dari Istana Musim Panas Beijing oleh pasukan Inggris dan Perancis pada tahun 1860 , potongan kemudian muncul di Barat . Benda yang dipulangkan dipamerkan di Museum Seni Poly dalam gemerlap New Beijing Poly Plaza , menara tertutup kaca yang dirancang oleh Skidmore , Owings & Merrill .

Semakin freewheeling Poly dikenal untuk praktek-praktek seperti memasang untuk pekerjaan lelang dari koleksi sendiri atau memiliki consignor menjamin bahwa mereka akan membawa pembeli untuk dijual untuk memenuhi perkiraan rendah. Namun, bahkan di sini ada tanda-tanda bahwa pasar jatuh tempo dan telah menjadi terlalu mahal bagi spekulan kasual . " Kolektor ini yang Anda bicarakan sebenarnya kolektor cukup kecil , " jelas Zhao Xu , konsultan senior di Poli . " Mereka membeli selama beberapa tahun dengan harga yang sangat terjangkau , tapi sekarang bahwa harga meroket , satu-satunya cara mereka mampu untuk membeli adalah menjual . Para kolektor yang saya tahu sudah datang dari status sosial yang tinggi , dan mereka mampu untuk membeli buah senilai $ 1 juta atau $ 2 juta dan mencari karya-karya terbaik , karya , untuk menambah koleksi mereka . "

Ketika ditanya apakah Poli mengikuti aturan rumah lelang Barat , Zhao tajam balas , " Kadang-kadang bahkan Sotheby tidak mengikuti aturan . " Atau seperti Gong Jisui , seorang spesialis seni - pasar yang adalah seorang profesor di Akademi Central of Fine Arts di Beijing , mengatakan , " Orang-orang Cina belajar permainan ini spekulasi dari Barat yang bermain lebih dulu. "

Insiden yang kedua pria merujuk adalah penjualan Estella Collection di Sotheby Hong Kong pada tanggal 9 April tahun ini . Acara ini menuai $ 18.000.000 untuk 108 karya . ( An 80 karya tambahan akan untuk dijual bulan ini di Sotheby New York . ) Koleksi ini disatukan tahun 2003 hingga 2006 oleh New York agen Michael Goedhuis untuk sekelompok investor yang termasuk Sacha Lainovic , direktur Weight Watchers International , dan Raymond Debbane , CEO dari Invus Group, sebuah perusahaan ekuitas swasta .

Tahun lalu koleksi sekitar 200 karya dijual kepada William Acquavella , yang diserahkan ke Sotheby . Para pejabat rumah lelang tidak akan membahas rincian keuangan , tetapi Sotheby memiliki saham dalam koleksi . Setelah penjualan secara luas dilaporkan bahwa banyak dari para seniman marah dengan lelang karena , mereka mengatakan , mereka telah menjual karya-karya mereka ke Goedhuis dengan harga diskon dalam pertukaran untuk janji-janji bahwa koleksi akan tetap bersama-sama untuk tampilan publik .

" Idenya adalah untuk menyimpan koleksi utuh dan untuk melihatnya dengan aman ke beberapa institusi , " kata Goedhuis , yang menyangkal bahwa janji-janji yang dilakukan. " Situasi yang ideal adalah untuk melihat dengan lembaga di Cina , karena tidak ada koleksi seperti itu. " Koleksi ini diterbitkan dalam sebuah buku , China Onward , dengan esai oleh terkemuka China pakar Britta Erickson , dan itu dipamerkan di Louisiana Museum of Modern Art di Denmark dan Israel Museum di Yerusalem sesaat sebelum penjualan. Menurut Goedhuis , karena peningkatan pesat dalam harga , investor memilih untuk menjual koleksi dengan harapan bahwa itu tidak akan putus.

" Karena museum di China tidak cukup matang pula mereka cukup kaya untuk melakukan akuisisi seperti ini , harapan saya adalah bahwa Steve Wynn akan melakukannya untuk kompleks kasino canggih di Macao , " kata Goedhuis . Dia berpaling ke Acquavella karena , katanya , ia percaya dealer akan membawa koleksi ke Wynn , Acquavella membayar $ 25 juta. Direktur Acquavella Michael Findlay menertawakan saran bahwa ada indikasi bahwa koleksi akan pergi ke Wynn . "Saya pikir semua ini dikelilingi oleh begitu banyak rumor dan spekulasi , " katanya . " Kami membeli sekelompok lukisan , dan kami menjual sekelompok lukisan , dan itulah keseluruhan cerita . "

Menurut Maarten sepuluh Holder , direktur Sotheby untuk Amerika Utara dan Selatan , perusahaan menerima pertanyaan sebelum penjualan dari beberapa seniman dalam koleksi , bertanya-tanya mengapa karya-karya yang akan dilelang . Ada ketidaksepakatan tentang apakah Goedhuis membuat janji-janji perusahaan untuk menyimpan koleksi bersama-sama atau hanya membuat penjualan untuk artis yang dimasukkan dalam koleksi akan meningkatkan reputasi mereka . Yue Minjun , yang memiliki dua karya dalam penjualan , mengatakan tidak ada janji-janji yang dibuat . Dan Goedhuis membeli Ketua Zeng Fanzhi Mao dengan Kami dari Hanart TZ Gallery pada tahun 2005 untuk menanyakan harga, $ 30.000, tidak ada diskon yang diberikan . Ini dijual seharga $ 1.180.000 .

" Anda harus mengerti bahwa tidak ada pasar untuk pekerjaan ini ketika saya membeli , " kata Howard Farber , yang membawa koleksi $ 20.000.000 di Phillips de Pury & Company di London Oktober lalu . Farber dirakit 100 karya pilihan dengan tekun mengunjungi studio seniman di Beijing pada akhir tahun 1980 , disertai oleh kritikus yang berbasis di Beijing Karen Smith , seorang penulis terkemuka dan kurator di bidang ini . Sebuah karya yang dia dibayar $ 25.000 pada tahun 1996, Wang Guangyi Great Kritik : Coca - Cola , dijual di Phillips de Pury sebesar $ 1,6 juta. Pembeli adalah Farber putra mertua , Larry Warsh , yang tawaran pada beberapa karya di penjualan , menurut surat kabar . " Saya benar-benar tidak benar-benar tahu aku akan membeli Wang Guangyi sampai saat itu , " kata Warsh . " Howard memiliki koleksinya , dan itu bukan koleksi saya , dan ada banyak potongan-potongan yang saya inginkan dari itu koleksi yang saya ingin membeli tetapi tidak mampu . "

Banyak seniman Beijing memiliki perjanjian dengan Warsh untuk menghasilkan karya untuk koleksi dan bisnis penasihat seni , yang dimulai pada tahun 2004 , terinspirasi oleh contoh Farber di lapangan . " Saya terpikat oleh China , dan kemudian saya terpikat oleh seni Cina seperti yang saya belajar tentang seniman penting," kata Warsh . " Tapi apa yang benar-benar memukul saya pertama adalah bagaimana harga tidak masuk akal bagi saya sama sekali - semuanya rusak . "

Warsh , yang mengumpulkan koleksi karya-karya Jean - Michel Basquiat , Keith Haring , dan Kenny Scharf di akhir 1980-an , adalah penerbit Museum Magazine sekarang sudah tidak berfungsi , yang dijual ke LTB Media pada tahun 2004 . Dia menyatakan pada satu titik bahwa koleksinya mencapai lebih dari 1.200 karya , sekarang , katanya , ia memiliki sekitar 400 lukisan dan foto . Bagian dari koleksinya dikelola oleh usaha barunya bisnis , AW Asia , yang memiliki galeri di Chelsea dan berniat untuk merakit koleksi seni kontemporer Cina untuk museum dan kolektor pribadi utama . The Museum of Modern Art di New York baru-baru ini mengakuisisi 23 foto dari AW Asia .

Dengan Farber dan Warsh beredar di Beijing untuk berbagai tujuan , itu mudah bagi seniman Cina untuk menjadi bingung tentang siapa yang membeli untuk siapa dan untuk tujuan apa . Dalam wawancara baru-baru ini , beberapa seniman - terutama Zhang Xiaogang , yang memiliki perjanjian dengan Warsh - menunjuk dia sebagai contoh spekulator .

Warsh menjawab , " Sementara beberapa seniman tidak begitu senang dengan keputusan mereka telah menjual jumlah karya seni pada apa yang kemudian nilai-nilai mereka saat ini tidak begitu lama lalu , ada banyak seniman yang tidak marah dan benar-benar senang bahwa seseorang telah mengambil minat dalam pekerjaan mereka . "

New York agen Jack Tilton , yang telah bekerja dengan seniman China sejak tahun 1999 , mengatakan , " Semua seniman berharap bahwa pekerjaan mereka menemukan rumah yang baik daripada mendapatkan bergejolak di pasar komersial . Tapi mereka juga telah memainkan bagian dalam pasar ini , merangkul kapitalisme lebih dari yang kita miliki , dengan cara yang lucu . Mereka tidak naif mengenai hal ini . "

Ketika ditanya tentang reaksi para seniman ' dengan penjualan koleksinya , Farber terperangah : " Jadi apa yang Sekarang saya orang jahat itu membuatku kesal ? . ! "

Sejumlah kolektor besar seni kontemporer Cina yang telah di lapangan selama beberapa waktu berpegangan pada koleksi mereka . Uli Sigg , duta besar Swiss untuk China , Mongolia , dan Korea Utara dari 1995 hingga 1998 , telah membangun koleksi karya kunci bahwa ia telah melakukan tur dalam pameran " Mahjong " ke museum di seluruh Eropa dan, terakhir , University of California Berkeley Art Museum ( 10 September - 4 Januari ) . Kolektor Belgia Guy dan Myriam Ullens telah menggunakan sumber daya mereka untuk membangun pertama nirlaba pusat seni - kontemporer di Beijing , di mana mereka sedang memamerkan koleksi bersejarah mereka . Sejauh ini, kolektor Charles Saatchi telah tergantung pada pembelian dalam persiapan untuk membuka galeri baru di London pada tanggal 9 bulan depan dengan pertunjukan seni kontemporer Cina , ia juga telah meluncurkan situs web berbahasa Cina yang seniman daratan dapat mengirim karya-karya mereka .

Dibandingkan dengan membeli Barat , partisipasi Cina daratan artinya jika . Meskipun ada banyak rumor tentang kekuatan pembeli Cina yang baru , kehadiran mereka belum terasa di rumah lelang utama , di mana sebagian besar catatan yang ditetapkan . " Hong Kong sekarang mencakup pembeli global , terutama yang berasal dari seluruh Asia , " kata Eric Chang , direktur internasional Christie seni kontemporer Asia . " Saya tidak benar-benar melihat Cina daratan pembeli - kurang dari 10 persen - turun dari sekitar 12 persen . " Dealer di Cina juga telah melihat beberapa kolektor daratan antara klien reguler mereka . " Saya belum tahu tentang kolektor , " kata New York agen Christophe Mao dari Chambers Fine Art , yang baru-baru ini membuka cabang di Beijing .

Meskipun kekurangan saat kolektor seni daratan , Cina muncul sebagai pusat seni utama , telah menjadi sebuah hub untuk pembeli dari Korea Selatan , Taiwan , Singapura , Indonesia , dan Asia Tenggara , dan Cina perantauan dari seluruh dunia . Mencerminkan keragaman ini adalah berbagai dealer asing di antara 300 galeri di Beijing , termasuk Continua dari Italia , Urs Meile dari Swiss , Arario dan PKM dari Korea Selatan , Beijing Tokyo Proyek Seni dari Jepang , dan Tang dari Indonesia .

" Di Beijing itu semakin sulit untuk berbicara tentang pasar Cina sebagai entitas yang terpisah dari pasar seni Asia yang lebih luas atau pasar seni internasional , " kata Meg Maggio , seorang Amerika yang datang ke China pada tahun 1988 dan berlari salah satu galeri pertama di negara , CourtYard , di Beijing , 1998-2006 . Sekarang dia memiliki galeri sendiri , Pékin Fine Arts , di mana dia merupakan stabil internasional seniman . " Bagaimana Anda menggambarkan pasar untuk artis Korea yang menunjukkan di Cina atau seniman Cina yang tinggal di New York ? " dia bertanya , mencatat bahwa usahanya bisa datang dari kolektor Korea Selatan mengunjungi Beijing atau perusahaan-perusahaan Eropa melakukan bisnis di China .

Salah satu faktor dalam pembangunan China sebagai pusat seni kontemporer adalah proliferasi pameran seni. Beijing memiliki dua , China International Gallery Exposition dan Seni Beijing , Shanghai memiliki baru dibuat ShContemporary , sekarang dalam tahun kedua , dan Hong Kong baru saja meluncurkan ART HK . Direktur CIGE Wang Yihan mengatakan adil nya menarik 40.000 pengunjung tahun ini , sedangkan yang lebih tinggi -kencang ShContemporary membawa 25.000 dan ART HK 08 memiliki 19.000 . Angka-angka ini mungkin tampak kecil dibandingkan dengan 60.000 yang kerumunan Art Basel , tapi dealer percaya bahwa pameran di Asia yang berharga karena mereka menarik pembeli baru dan membuat kolektor Asia merasa lebih nyaman tentang memperoleh seni dari galeri .

" Di tempat lain , adil hanya adil ," kata Lorenz Helbling dari ShanghART , salah satu galeri tertua di Cina dan peserta dalam Art Basel . "Tapi di Shanghai adil rasanya jauh lebih karena hanya ada itu dapat membuat dampak pada beberapa juta orang . " Dia mengacu tidak hanya untuk hadir tetapi untuk publisitas intensif dan pengakuan resmi yang diberikan kepada ShContemporary di tahun perdananya .

Hanya beberapa tahun yang lalu itu tidak mungkin untuk mencoba untuk menjual seni kontemporer kepada pembeli Asia, apalagi daratan kolektor China , di forum publik art fair . Sekarang , dengan keberhasilan luar biasa dari seni kontemporer Cina , kolektor dari seluruh wilayah dan lebih dari beberapa dari Amerika Serikat dan Eropa - menargetkan China sebagai tujuan . Menurut Nick Simunovic , yang telah membuka kantor dan showroom untuk Gagosian Gallery di Hong Kong , itu hanya masalah waktu sebelum para pembeli daerah mengalihkan perhatian mereka untuk seni kontemporer Barat.

" Saya rasa bahwa di mana pun Anda memiliki penciptaan kekayaan yang luar biasa , siklus pengumpulan melewati tiga tahap , " katanya . " Pertama , orang mengumpulkan warisan budaya mereka , dan kemudian mereka mengumpulkan seni kontemporer mereka sendiri . Saya pikir tahap akhir adalah ketika mereka mendapatkan pendekatan seni kontemporer lebih global . "

Gagosian pertama dianggap membuka kantor di Shanghai tetapi mengalami hambatan untuk melakukan bisnis di daratan . Yang paling tangguh ini adalah pajak barang mewah 34 persen pada seni , galeri yang asing yang berpartisipasi dalam ShContemporary menemukan sulit untuk menghindari . Hong Kong , dengan perbandingan , adalah zona bebas bea . Dan Simunovic menemukan bahwa bahkan Jeff Koons adalah menjual tangguh di Shanghai , sedangkan Hong Kong menawarkan lebih banyak kemungkinan untuk seni kontemporer Barat . Hanya tahun lalu miliarder Hong Kong Joseph Lau dibayar $ 72 juta untuk Andy Warhol Green Car Crash ( Hijau Pembakaran Mobil I) . Pada bulan Mei Christie membawa potret Warhol Mao , senilai $ 120 juta dan dijual secara pribadi , untuk melihat di Hong Kong . ( Pada saat pers itu belum dijual . )

" Tentu , China panas , tapi itu hanya puncak gunung es , " kata Lorenzo Rudolf , mantan direktur Art Basel dan pendiri ShContemporary . " Ini bukan hanya tentang sekelompok pelukis Cina. Ini tentang pasar yang berkembang terjadi di benua ini . "

Dengan kelimpahan semata galeri , rumah lelang , dan pameran seni di Cina , dunia seni yang lebih besar adalah mengakui kekuatan pasar Asia . Berdiri di sebuah rumah lelang di New York atau London menonton lukisan karya seniman China menjual jutaan , seseorang dapat Dales booming ini dan mengisyaratkan bahwa ia akan berubah menjadi gelembung . Tapi berjalan-jalan di distrik galeri ramai di Beijing , dengan mahasiswa dan wisatawan yang memadati kafe dan butik dan mengisi ruang pamer seni besar , beberapa akan memprediksi penurunan dalam waktu dekat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar